>

Objek Kajian Biologi


1.MOLEKUL
Molekul adalah unit terkecil yang terdiri atas dua atau lebih ikatan atom. Atom merupakan unit terkecil dari suatu unsur. Biologi pada tingkat molekul, diantaranya memaparkan tentang DNA (asam deoksiribonukleat) dan RNA (asam ribonukleat) yang terlibat dalam sintesis protein. Dalam tingkatan ini juga dipelajari molekul-molekul polutan udara yang penting untuk mengatasi masalah lingkungan.

2. SEL
Sel adalah unit terkecil yang memiliki kemampuan hidup dan berkembang biak, baik uniseluler maupun sebagai bagian dari organisme multiseluler. Biologi pada tingkat sel memaparkan tentang struktur dan fungsi setiap bagian sel serta proses kehidupan di dalam sel. Organel dengan fungsi tertentu dapat ditemukan di dalam sel. Jadi, kita akan memahami bahwa proses kehidupan setiap organisme berlangsung di dalam sel.

3. JARINGAN, ORGAN dan SISTEM ORGAN
Jaringan adalah kumpulan sel dengan struktur dan fungsi yang sama. Biologi pada tingkat tersebut memaarkan tentang berbagai jenis , ciri, sifat dan fungsi setiap jaringan, misalnya jaringan saraf dan jaringan otot.

Beberapa jenis jaringan yang berbeda membentuk organ. Jantung, usus, dan otak adalah contoh organ pada hewan (manusia), sedangkan akar dan batang adalah contoh organ yang dimiliki oleh tumbuhan.

Tingkatan organisasi makhluk hidup berikutnya adalah sistem organ. Sistem organ terdiri atas beberapa organ dan memiliki fungsi spesifik. Dalam tingkatan tersebut dipaparkan tentang beragam sistem organ, misalnya sistem pencernaan dan pernapasan yang dalam fungsinya dikoordinasi oleh sistem regulasi.

4. ORGANISME (INDIVIDU)
Kumpulan berbagai sistem organ akan membentuk organisme. Pada tingkatan tersebut, ruang lingkup yang dipelajari di antaranya hubungan kerja dn saling ketergantungan anatrseluruh sistem organ, kelangsungan hidup setiap organisme terhadap lingkungannya, serta klasifikasi dan pemberian nama spesies.

5. POPULASI, KOMUNITAS, EKOSISTEM, dan BIOMA
Kelompok individu satu spesies yang hidup di tempat tertentu disebut populasi. Misalnya, populasi manusia, populasi semut dan populasi padi.

Tingkat di atas populasi berupa komunitas, yaitu kumpulan populasi seluruh spesies yang menempat area sama. Misalnya, komunitas pantai yang dihuni oleh burung pelikan. Dalam komunitas tersebut terdapat ikan yang dimakan oleh burung pelikan, beragam serangga, cacing, moluska, tumbuhan, dan jamur.

Komunitas beserta lingkungan fisiknya (seperti tanan dan air) menjadi objek kajian pada tingkatan ekosistem. Tingkatan berikutnya berupa bioma, yaitu suatu komunitas utama di bumi yang diklasifikasikan berdasarkan komunitas tumbuhan (vegetasi) yang dominan.

Sumber: Buku teks biologi SMA/MA kelas X
  
Previous
Next Post »