>

Sejarah Teori Atom

Teori atom tidak ditemukan dalam satu waktu, tetapi memerlukan waktu yang lama dan usaha yang tak kenal lelah. Berikut diberikan urutan sejarah penemuan teori atom.
1801
Young mendemonstrasikan sifat gelombang cahasa.
1888
Hertz menemukan gelombang radio yang dihasilkan oleh muatan listrik yang dipercepat. Hal ini mengindikasikan bahwa cahaya adalah radiasi elektromagnetik.
1900
Rayleigh dan Jeans berusaha menghitung energi distribusi untuk radiasi benda hitam, tetapi persamaan yang mereka hasilkan menimbulkan “bencana ultraviolet”.
1905
Einstein beranggapan bahwa gelombang cahaya juga menunjukkan perilaku seperti partikel. Partikel cahaya itu disebut foton (Nama foton diabaikan sampai tahun 1926).
1909
Rutherford, Geiger, dan Marsden menunjukkan bahwa partikel alfa ditembakkan pada lempengan emas tipis, sebagian kecil dipantulkan. Rutherford berpendapat bahwa atom mengandung inti kecil bermuatan positif dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif.
1911
Rutherford mengusulkan bahwa atom terdiri atas inti bermuatan positif dikelilingi oleh elektron yang bergerak pada orbit berbentuk lingkaran. Model ini cacat karena orbit akan jatuh akibat elektron tertarik ke inti.
1913
Bohr mengusulkan model untuk atom hidrogen, yaitu bergerak mengelilingi inti dalam orbit dengan tingkat energi tertentu. Orbit dimungkinkan lebih dari satu dan masing-masing orbit memiliki energi tertentu.
1924
De Broglie beranggapan bahwa semua partikel, termasuk elektron, menunjukkan sifat-sifat partikel sekaligus gelombang. Hal ini dikenal sebagai dualisme gelombang-partikel.
1926
Persamaan gelombang Schrodinger diperkenalkan
1927
Davission dan Germer mencoba menguji teori De Broglie
1927
Heisenberg berpendapan bahwa adanya dualisme gelombang-partikel menyebabkan tidak mungkin menentukan secara simultan (serentak) posisi suatu partikel mikroskopik termasuk elektron. Prinsip ini dikenal dengan prinsip ketidakpastian

Sumber: Buku teks kimia SMA/MA kelas X


Previous
Next Post »