KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan
Pendidikan : MA Nurussalam Tetebatu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunnya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
No.
KD
|
Kompetensi Dasar
|
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
|
|||
Kriteria Pencapaian
|
Nilai KKM KD
|
||||
Intake Siswa
|
Daya Dukung
|
Kompleksitas
|
|||
3.1.
|
Menginterpretasi
persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel
dan pertidaksamaan linear aljabar lainnya.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.1.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear
satu variabel.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.2.
|
Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.2.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.3.
|
Menyusun sistem persamaan linear
tiga variabel dari masalah kontekstual
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.3.
|
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.4.
|
Menjelaskan dan menentukan
penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan
kuadrat-kuadrat)
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.4
|
Menyajikan dan menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel
(linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
|
70
|
75
|
80
|
75
|
Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Ganjil
|
75
|
Keterangan:
|
||||||
Kriteria
|
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
|||
Kompleksitas
|
50 - 65
|
66 - 80
|
81 - 100
|
|||
Daya dukung
|
81 - 100
|
66 - 80
|
50 - 65
|
|||
Intake
|
81 - 100
|
66 - 80
|
50 - 65
|
Mengetahui
Kepala MA Nurussalam Tetebatu
|
Tetebatu Selatan, 16 Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
|
...................................
|
NURAINI, S.Pd.
|
Catatan:
Berdasarkan Bimtek K-13 yang penulis ikuti pada tanggal 1 Oktober 2018, terkait dengan penetapan nilai KKM, ada sedikit perubahan. Jika sebelumnya, dalam penetapan KKM harus ada KKM indikator, maka sekarang KKM indikator tidak perlu di cantumkan, langsung pada KKM KD (Kompetensi Dasar) yang akan menetukan KKM KI dan KKM Mata Pelajaran.
Adapun untuk pengisian nilai kriteria pencapaian intake, daya dukung dan kompleksitas, silakan bapak/ibu sesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Bila ada pertanyaan/saran/masukan silakan tulis pertanyaan/saran/masukan tersebut di kolom komentar!
Semoga Bermanfaat!
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon