KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan
Pendidikan : MA Nurussalam Tetebatu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
berdasarkan rasa ingin tahunnya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
No.
KD
|
Kompetensi Dasar
|
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
|
|||
Kriteria Pencapaian
|
Nilai KKM KD
|
||||
Intake Siswa
|
Daya Dukung
|
Kompleksitas
|
|||
3.5.
|
Menjelaskan
dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi
rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi
simbolik, serta sketsa grafiknya
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.5.
|
Menganalisa
karakteristik masing-masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak,
asimtor) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x),
1/f(x), |f(x)| dsb.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.6.
|
Menjelaskan operasi komposisi
pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta
menentukan eksistensinya
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.6.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.7.
|
Menjelaskan rasio trigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga
siku-siku.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.7.
|
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan,
secan dan cotangen) pada segitiga siku-siku.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.8.
|
Menggeneralisasi rasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.8
|
Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan
sudut-sudut berelasi.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.9.
|
Menjelaskan aturan sinus dan
cosinus
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.9.
|
Menyelesaikan maslaah yang
berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus.
|
70
|
75
|
80
|
75
|
3.10.
|
Menjelaskan fungsi trigonometri
dengan menggunakan lingkaran satuan
|
70
|
75
|
80
|
75
|
4.10.
|
Menganalisa perubahan grafik
fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x+c) + d
|
70
|
75
|
80
|
75
|
|
Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Genap
|
75
|
Keterangan:
|
||||||
Kriteria
|
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
|||
Kompleksitas
|
50 - 65
|
66 - 80
|
81 - 100
|
|||
Daya dukung
|
81 - 100
|
66 - 80
|
50 - 65
|
|||
Intake
|
81 - 100
|
66 - 80
|
50 - 65
|
Mengetahui
Kepala MA Nurussalam Tetebatu
|
|
Tetebatu Selatan, 16 Juli 2018
Guru Mata Pelajaran
|
...............................
|
|
NURAINI, S.Pd.
|
Catatan:
Berdasarkan
Bimtek K-13 yang penulis ikuti pada tanggal 1 Oktober 2018, terkait
dengan penetapan nilai KKM, ada sedikit perubahan. Jika sebelumnya,
dalam penetapan KKM harus ada KKM indikator, maka sekarang KKM indikator
tidak perlu di cantumkan, langsung pada KKM KD (Kompetensi Dasar) yang
akan menetukan KKM KI dan KKM Mata Pelajaran.
Adapun
untuk pengisian nilai kriteria pencapaian intake, daya dukung dan
kompleksitas, silakan bapak/ibu sesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Bila ada pertanyaan/saran/masukan silakan tulis pertanyaan/saran/masukan tersebut di kolom komentar!
Semoga Bermanfaat!
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon