>

KKM Matematika (Wajib) Kelas X Semester Genap - Kurikulum 2013 (Berdasarkan Revisi 2016)


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Satuan Pendidikan      : MA Nurussalam Tetebatu
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : X/Genap
Tahun Pelajaran           : 2018/2019
Kompetensi Inti          :
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin , tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunnya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

No.
KD
Kompetensi Dasar
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
Kriteria Pencapaian
Nilai KKM KD
Intake Siswa
Daya Dukung
Kompleksitas
3.5.
Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
70
75
80
75
4.5.
Menganalisa karakteristik masing-masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtor) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb.
70
75
80
75
3.6.
Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers pada fungsi invers serta sifat-sifatnya serta menentukan eksistensinya
70
75
80
75
4.6.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers suatu fungsi
70
75
80
75
3.7.
Menjelaskan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen) pada segitiga siku-siku.
70
75
80
75
4.7.
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan dan cotangen) pada segitiga siku-siku.
70
75
80
75
3.8.
Menggeneralisasi rasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi.
70
75
80
75
4.8
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan rasio trigonometri sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasi.
70
75
80
75
3.9.
Menjelaskan aturan sinus dan cosinus
70
75
80
75
4.9.
Menyelesaikan maslaah yang berkaitan dengan aturan sinus dan cosinus.
70
75
80
75
3.10.
Menjelaskan fungsi trigonometri dengan menggunakan lingkaran satuan
70
75
80
75
4.10.
Menganalisa perubahan grafik fungsi trigonometri akibat perubahan pada konstanta pada fungsi y = a sin b(x+c) + d
70
75
80
75

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran Matematika Kelas X Semester Genap
75

Keterangan:






Kriteria
Tinggi
Sedang
Rendah
Kompleksitas
50 - 65
66 - 80
81 - 100
Daya dukung
81 - 100
66 - 80
50 - 65
Intake
81 - 100
66 - 80
50 - 65



Mengetahui
Kepala MA Nurussalam Tetebatu




Tetebatu Selatan, 16 Juli 2018

Guru Mata Pelajaran
...............................

NURAINI, S.Pd.




Catatan: 
Berdasarkan Bimtek K-13 yang penulis ikuti pada tanggal 1 Oktober 2018, terkait dengan penetapan nilai KKM, ada sedikit perubahan. Jika sebelumnya, dalam penetapan KKM harus ada KKM indikator, maka sekarang KKM indikator tidak perlu di cantumkan, langsung pada KKM KD (Kompetensi Dasar) yang akan menetukan KKM KI dan KKM Mata Pelajaran.  

Adapun untuk pengisian nilai kriteria pencapaian intake, daya dukung dan kompleksitas, silakan bapak/ibu sesuaikan dengan kondisi masing-masing. 

Bila ada pertanyaan/saran/masukan silakan tulis pertanyaan/saran/masukan tersebut di kolom komentar!  

Semoga Bermanfaat!
Previous
Next Post »