Kompetensi Dasar (Pengetahuan)
|
Kompetensi Dasar (Keterampilan)
|
||
3.1.
|
Menjelaskan hakikat
ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan
kerja di laboratorium
|
4.1.
|
Membuat prosedur
kerja ilmiah dan keselamatan kerja misalnya pada pengukuran kalor
|
3.2.
|
Menerapkan
prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, kecepatan, ketelitian dan angka
penting, serta notasi ilmiah
|
4.2.
|
Menyajikan hasil
pengukuran besaran fisis berikut ketelitiannya dengan menggunakan peralatan
dan teknik yang tepat serta mengikuti kaidah angka penting
|
3.3.
|
Menerapkan prinsip
penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
|
4.3.
|
Merancang percobaan
untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta
presentasi hasil dan makna fisisnya
|
3.4.
|
Menganalisis
besaran-besaran fisis ada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan
gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.4.
|
Menyajikan data dan
grafik hasil percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak
lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut makna fisisnya
|
3.5.
|
Menganalisis gerak
parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.5.
|
Mempresentasikan
data hasil percobaan gerak parabola dan makna fisisnya
|
3.6.
|
Menganalisis besaran
fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.6.
|
Melakukan percobaan
berikut presentasi hasilnya tentang gerak melingkar, makna fisis dan
pemanfaatannya
|
3.7.
|
Menganalisis
interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.7.
|
Melakukan percobaan
berikut presentasi hasilnya terkait gaya serta hubungan gaya, massa dan
percepatan dalam gerak lurus benda dengan menerapkan metode ilmiah
|
3.8.
|
Menganalisis
keteraturan gerak planet da satelit dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum
Newton
|
4.8.
|
Menyajikan karya
mengenai gerak satelit buatan yang mengorbit bumi, pemanfaatan dan dampak
yang ditimbulkannya dari penelusuran berbagai sumber informasi
|
3.9.
|
Menganalisis konsep energy,
usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energy, hukum kekekalan energy,
serta penerapannya dalam peristiwa sehari-hari
|
4.9.
|
Menerapkan metode
ilmiah untuk mengajukan gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan
sehari-hari, yang berkaitan dengan konsep energy, usaha (kerja) dan hukum
kekekalan energy.
|
3.10.
|
Menerapkan konsep
momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.10.
|
Menyajikan hasil
pengujian penerapan hukum kekekalan momentum, misalnya nola jatuh bebas ke
lantai dan roket sederhana
|
3.11.
|
Menganalisis
hubungan antara gaya dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
4.11.
|
Melakukan percobaan
getaran harmonis pada ayunan sederhana dan/atau getaran pegas berikut
presentasi hasil percobaan serta makna fisisnya.
|
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon